Cari Blog Ini

PENGERTIAN ISTIGFAR

PENGERTIAN ISTIGHFAR

Secara harfiah istighfar artinya memohon ampun, yaitu memohon ampun kepada Allah dengan mengucapkan kalimat ASTAGHFIRULLAH yang artinya “Ya Allah, ampunilah… atau “Aku memohon ampun kepada Allah.

Kalimat istighfar boleh diucapkan dalam bahasa arab atau dalam bahasa lain yang maknanya sama yaitu memohon ampun kepada Allah Swt.

Istighfar adalah ucapan kata-kata yang berisikan permohonan ampun kepada Allah.

Istighfar merupakan amaliyah ibadah yang luar biasa dan umat islam banyak yang belum memahami secara detail betapa dahsyat dan ajaibnya istighfar.

Istighfar merupakan suatu ikhtiar dalam mencapai kesucian jiwa dari segala keruwetan benang masalah dan membersihkan endapan dosa, sehingga jarak hubungan antara kita sebagai makhluk dan Sang Khaliq terasa semakin dekat ( Hablum Minnanas dan Hablum Minaallah).

Dalam Istighfar terkandung makna taubat, Dalam taubat terkandung makna Istighfar

Istighfar sebagai usaha untuk menghilangkan atau mencegah terjadinya kemudaratan, sedang taubat adalah usaha pengambilan manfaat.

Istighfar adalah teknik kunci untuk mengosongkan atau membersihkan hati dari limbah yang tidak perlu. Istighfar adalah membersihkan hati dan menjadikan jiwa sebagai Nafsul Muthmainnah, maka beristighfar pun secara otomatis akan mengaktifkan berbagai mutiara hati yang bersemayam di dasar samudera jiwa.

Dari Abi Bakar ra., Rasulullah Saw bersabda, “ Selalulah mengucapkan La ilaha illallah dan istighfar ( Astaghfirullahal adzim) karena sesungguhnya iblis berkata “ Aku telah membakar manusia dengan dosa-dosanya, tetapi mereka membinasakan diriku dengan kalimat dzikir dan istighfar. Setelah ketidak berdayaan diriku dengan bacaan itu akupun membinasakan mereka melalui hawa nafsunya, sedangkan mereka menduga bahwa mereka berada dalam petunjuk.” (HR.Abu Ya’lu)

Itu sebabnya, di Al-Quran kita disuruh untuk bersegera beristighfar kepada ALLAH. Karena sesungguhnya istighfar itu adalah PINTU hadirnya rahmat dan karunia dari ALLAH SWT. Istighfar adalah salah satu bentuk dzikir atau dzikrullah yang sangat sering dilakukan oleh Rosulullah saw. Istighfar ini memang dahsyat, ia mampu menjadi washilah agar kita keluar dari berbagai problema kehidupan kita. Atas kehendakNya, maka Istighfar bisa membantu kita keluar dari berbagai kesempitan hidup yang tengah kita rasakan. Banyak sekali kesempitan hidup yang kini mungkin saja sedang kita rasakan, beberapa diantaranya :

Hidup tidak tenang /sering gelisah

Waswas / sering takut/cemas

Trauma

Jengkel menghadapi anaknya yang bandel

Dikelilingi oleh orang-orang yang menjengkelkan

Emosi tidak stabil

Sering dizalimi oleh orang

Pernikahan tidak harmonis

Banyak hutang dan sulit melunasinya

Dimusuhi banyak orang dengan alasan yang tidak jelas

Ragu saat pengambilan keputusan

Susah memiliki anak atau keturunan

Susah dapat kerja

Mudah sakit, seperti mudah masuk angin, maag, asma, migrain, sakit kepala utuh, dan alergi kulit

Rejeki seret dan terasa mampet

Anak sulit diatur

Dsb


Kepunyaan Allah-lah segala apa yang ada di langit dan bumi. Dan jika kamu melahirkan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu menyembunyikannya, niscaya Allah Swt akan membuat perhitungan dengan kamu tentang perbuatan itu. Maka Allah mengampuni siapa saja yang dikehendaki-Nya.

Mari kita OBATI berbagai kesempitan hidup yang membuat dada ini terasa sempit dan sesak dengan melakukan dzikir/terapi ISTIGHFAR dengan tulus dan sepenuh hati. OBATI dengan istighfar sekarang juga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar